Cara Pemenuhan Kalsium Selain Susu Murni


Kalsium adalah sebuah elemen kimia dengan simbol Ca dan nomor atom 20 mempunyai massa atom 40.078 amu. Kalsium merupakan salah sau logam alkali tanah dan merupakan elemen terabaikan kelima di bumi. Kalsium juga merupakan ion terabaikan kelima terbanyak di air di laut dilihat dai segi milaritas dan massanya setelah natrium, klorida, magnesium dan sulfat.



Pemenuhan kalsium dalam tubuh sangatlah penting. Kalsium bukan hanya untuk penguatan tulang namun juga dibutuhkan untuk proses yang lain yaitu; melancarkan peredaran darah, menormalkan denyut jantung, menguatkan otot, mengaktifkan pankreas, mengurangi resiko kanker usus, dll.

Oleh karenanya kekurangan kalsium dapat berimplikasi pada penyakit lainnya. Gejala awal kekurangan kalsium diantaranya, adalah menurunnya daya tahan tubuh, kurang nafsu makan, lesu, sembelit, berak - berak, insomnia, gelisah, sesak nafas dan sebagainya.

Jika sudah terjadi demikian segeralah tingkatkan asupan kalsium sebelum berbagai penyakit menimpa. Sebaiknya mengonsumsi kalsium alami karena suplemen kalsium dengan asupan yang tinggi beresiko terjadinya pembentukan batu saluran kemih dan peningkatan resiko penyakit jantung, penyakit struk, dll penyakit yang ditimbulkan. Biasanya menimpa lansia wanita yang mengkonsumsi suplemen kalsium teratur.

Selain itu sebaiknya minum susu (minuman tinggi kalsium) tidak dibarengi dengan saat makan besar seperti makan siang dan makan malam karena zat besi yang banyak terdapat pada saat makan besar dapat mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh. Baca juga, Cara Minum Susu Yang Benar

Beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa memenuhi kalsium yang diperlukan tubuh selain susu murni adalah berikut Ini,

(1) Makanan dan minuman olahan susu
Keju merupakan makanan olahan susu yang memiliki kandungan kalsium hampir sama dengan susu. 1 Gelas susu mengandung = 270 mg kalsium. Selain kandungan kalsium keju juga mengandung viamin, kalsium, mineral, fosfor, protein dan lemak. Yougurt juga masih merupakan minuman hasil frementasi susu.

(2) Sumsum tulang sapi
Sumsum tulang sapi memiliki 40 x lipat kalsium susu

(3) Berbagai jenis ikan
Jenis ikan yang memiliki kalsium tinggi adalah sbb: Ikan sarden 3 ons = 324 mg kalsium. Ikan salmon 6 ons = 181 mg kalsium.

(4) Sayur - sayuran
Brokoli 50 gr = 30 mg kalsium. Pok coy kecil satu cangkir = 75 - 80 kalsium. Bayam 100 gr = 150 kalsium. Lobak 1 buah = 200 kalsium.

(5) Makanan kedelai
Tahu 100 gr = 500 mg kalsium.  Satu cangkir kacang kedelai jika direbus = 261 mg kalsium.

(6) Kacang kacangan dan biji - bijian
1 Sendok makan biji wijen = 160 mg kalsium. Kacang almon 15 gram = 35 kalsium. 1 Cangkir kacang merah = 78 mg kalsium.  Oatmeal 1 mangkuk = 105 kalsium.

(7) Buah - buahan
1 Buah jeruk = 60 mg kalsium. Pisang adalah buah - buahan yang tidak hanya mengandung kalsium namun juga mengandung kalium, magnesium, fosfor dan zat besi. 1 Buah kiwi = 50 mg kalsium. 160 gram strawberrry = 23,24 mg kalsium. 100 gram buah kolang kaling = 91 mg kalsium

Beberapa jenis makanan dan minuman dapat menghambat penyerapan kalsium bahkan dapat mengikis tulang
Makanan dan minuman ini justru akan membuat tubuh kehilangan simpanan kalsium karena meningkatnya pengeluaran melalui urine diantaranya yaitu, makanan cepat saji yang mengandung garam tinggi, minuman soda dan berkafein, makanan berprotein tinggi. Bahkan jenis makanan yang terlalu tinggi vitamin E juga dapat mengikis tulang misalnya pada kacang - kacangan. Oleh karenanya jangan berlebih - lebihan memakan kacang - kacangan.

Obat - obatan dan pola hidup yang menghambat kalsium
Obat - obatan penghabat kalsium salah satunya yaitu obat - obatan yang mengandung kortikosteroid. Pola hidup yang dapat menghambat kalsium diantaranya yaitu, stres, merokok, kurang olah raga.

Pemenuhan Kalsium Berdasarkan Umur
Kalsium yang dibutuhkan pada masing - masing umur berbeda - beda. Semakin usia bertambah semakin membutuhkan banyak kalsium. Rentang umur yang paling banyak membutuhkan kalsium adalah usia 11 tahun keatas dan diatas 50 tahun. 99% kalsium terletak pada tulang dan gigi, selebihnya 1 % terdapat pada jaringan lunak dan darah.  

Pemenuhan kalsium berdasarkan umur lebih jelasnya adalah sebagai berikut:
  1. Berusia 5 bulan membutuhkan kalsium sebanyak 400 mg
  2. Berusia diatas 5 bulan hingga 1 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 600 mg
  3. Berusia 1 hingga 10 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 600 mg
  4. Berusia 1 hingga 10 tahun membutuhkan kalsium 800 mg
  5. Berusia 11 keatas membutuhkan hingga 1200 mg
  6. Berusia diatas 25 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 800 mg
  7. Berusia lanjut diatas 50 tahun membutuhkan kalsium sebanyak1000 mg
  8. Ibu hamil dan ibu menyusui membutuhkan kalsium sebanyak 1200 mg per hari.