Penyebab Masuk Angin Terutama Bahaya Angin Duduk dan Cara Mengatasinya


Masuk Angin dapat dikatakan sebagai penyakit yang biasa terjadi pada kehidupan sehari - hari. Namun penyakit masuk angin tidak dapat dianggap remeh karena penyakit ini juga dapat berakibat fatal terutama jenis masuk angin yang biasa disebut angin duduk.

Penyebab masuk angin selain karena faktor internal yaitu daya tahan tubuh yang kurang kuat juga karena faktor eksternal yaitu; cuaca dingin, perubahan musim yang menyebabkan angin kencang, telalu sering di AC, sering menggunakan kipas angin, dll. Jika daya tahan tubuh kuat tentunya metabolisme tubuh juga lancar sehingga tidak mudah masuk angin.Sebaliknya jika daya tahan tubuh kurang kuat akan mudah masuk angin.
Masuk angin adalah suatu penyakit yang disebabkan karena berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh.



Cuaca dingin dan angin yang mengenai tubuh menimbulkan penyempitan pembuluh darah dalam tubuh. Penyempitan pembuluh darah terjadi otomatis dalam tubuh untuk menjaga agar tidak terjadi pengeluaran kalori berlebihan dalam tubuh sehingga suhu tubuh tetap terjaga dari pengaruh faktor eksternal tersebut. Penyempitan pembuluh darah bisa menyebabkan peredaran darah kurang lancar sehingga tubuh rentan masuk angin. Jika daya tahan tubuh kuat tentunya peredaran darah yang kurang lancar dapat diantisipasi karena metabolisme tubuh lancar sehingga tidak rentan masuk angin.

Hal - hal penting yang perlu diketahui yang terjadi didalam tubuh ketika masuk angin adalah berikut ini,
  • Ketika masuk angin akan terjadi pembentukan gas berlebihan terutama di usus dan lambung sehingga perut terasa melilit bahkan mual dan muntah - muntah.
  • Lebih berbahaya lagi jika gas sampai ke jantung sehingga jantung terasa nyeri bahkan bisa berakibat fatal yang biasa dikenal dengan sebutan terkena angin duduk.
  • Pembuluh darah koroner menuju jantung bisa mengalami penyempitan selain karena masuk angin juga karena terlalu gemuk (obesitas). Lemak dan kolesterol tinggi pada obesitas dapat menyumbat pembuluh darah koroner yang mengalir kejantung yang bisa juga menyebabkan bahaya angin duduk.
  • Jika masuk angin terjadi di kepala maka kepala akan terasa pusing.
  • Jika terjadi di dada maka dada terasa sesak dan nyeri.
  • Jika terjadi di leher maka leher terasa kaku sulit digerakkan. Masuk angin di leher biasanya karena salah bantal dalam arti tidur dalam posisi kepala yang tidak pas dengan bantal sehingga aliran darah dileher tidak lancar dan mudah masuk angin. Masuk angin di leher kadang efeknya terasa sampai sakit kepala.
  • Cuaca dingin juga menyebabkan rambut - rambut dihidung lambat bergerak untuk mengeluarkan bakteri, virus dan lendir sehingga mudah menjadi influenza dan batuk - batuk.
 
Sebagian besar orang mengobati masuk angin dengan cara kerokan, pijat tradisional atau ke dokter jika sudah parah. Saya anjurkan hindari kerokan karena dapat membahayakan kesehatan.

Lebih baik segera minum jamu tolak angin misalnya Sidomuncul serta baluri bagian tubuh yang terasa masuk angin dengan cream pengusir masuk angin misalnya Counterpain maka, angin akan keluar dengan sendirinya dalam bentuk sendawa atau kentut.
Counterpain cream selain bisa mengobati salah urat juga bisa untuk mengusir masuk angin terutama dileher dan diperut. Jamu tolak angin terdiri dua macam yaitu berbentuk cair dan bubuk. Kedua - duanya manjur dapat membuat mudah keluar angin.

Hal - hal yang perlu dilakukan agar tidak mudah masuk angin adalah sebagai berikut:
  1. Gaya hidup biasakan sehat. Gaya hidup tidak sehat diantaranya yaitu sering begadang, stress, terlalu capek tidak cukup istirahat. Gaya hidup tidak sehat akan mengurangi daya tahan tubuh terhadap masuk angin.
  2. Banyak Bergerak atau berolah raga teratur agar peredaran darah semakin lancar. Biasanya orang yang sering bergerak dan juga memiliki asupan tubuh yang cukup tidak mudah masuk angin
  3. Makanan sehari - hari hendaknya memenuhi gizi empat sehat lima sempurna supaya cukup asupan yang diperlukan tubuh sehingga daya tahan tubuh kuat.
  4. Hendaknya tidak sering kerokan. Baca juga, Bahaya Sering Kerokan Ketika Masuk Angin
Semoga penjelasan singkat dan lumayan padat ini dapat membawa manfaat agar tidak sering masuk angin. Salam sehat sejahtera bagi kita semua.