Cara Minum Susu Yang Benar


Banyak orang mengira bahwa minum susu segera sebelum atau sesudah berolah raga dapat mempercepat proses penyerapan kalsium. Namun pendapat ini salah, tidak hanya susu bahkan air putih pun tidak baik diminum segera sebelum dan sesudah olah raga karena dapat memperlambat proses kerja hati.

Hendaknya menunggu badan rileks dan nafas sudah santai sudah tidak ngos - ngosan jika ingin meminum air atau susu. Kalsium bukan hanya untuk penguatan tulang namun juga dibutuhkan untuk proses yang lain yaitu; melancarkan peredaran darah, menormalkan denyut jantung, menguatkan otot, mengaktifkan pankreas, mengurangi resiko kanker usus, dll.



Menurut saran dari pakar nutrisi Emilia Achmad, minum susu hendaknya juga tidak dibarengi dengan saat makan besar seperti makan siang dan makan malam karena zat besi yang banyak terdapat pada saat makan besar dapat mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Oleh karenanya sebaiknya tidak minum susu bersamaan makanan atau minuman yang mengandung kalsium dengan makanan penghambat kalsium karena penyerapan kalsium menjadi tidak maksimal.

Menurut dr. Rini Sjoekri, minum susu sebaiknya sebelum tidur karena susu mengandung asam amino tryptophan, suatu prekursor yang berguna untuk neurotransmitter serotonin. Sifat dari neurotransmitter ini sendiri yaitu menenangkan sehingga membantu proses tidur lebih cepat.

Menurut ahli gizi Stikes Husada Borneo Banjarbaru, Nor Hasanah sebaiknya minum susu pada malam hari karena osteoklas atau sel - sel penghancur tulang tidak bekerja. Selain itu aktivitas kita dimalam hari juga terbatas sehingga kalsium susu akan terserap secara optimal.

Selain itu sebaiknya minum susu murni bukan mengkonsumsi suplemen kalsium dengan asupan yang tinggi dapat menyebabkan pembentukan batu saluran kemih dan peningkatan resiko penyakit jantung, penyakit struk, dll penyakit yang ditimbulkan. Biasanya menimpa lansia wanita yang menkonsumsi sumplemen kalsium teratur.

Perlu diingat terutama untuk para wanita bahwa osteoporosis (kurang kalsium tulang) mudah terjadi pada wanita usia hampir monopous dan sudah monopouse. Wanita monopouse hormon estrogen sudah berkurang sehingga pembentukan kalsium lambat. 
 
Oleh karenanya sebelum terjadi monopouse memasuki usia 35 hendaklah rajin minum susu. Jika sudah sudah patah tulang sulit mengembalikannya apalagi jika sudah usia setengah baya.Saat baik minum susu dan saat tidak baik minum susu adalah sbb :

1) Sebelum tidur malam
1 Jam sebelum tidur malam baik sekali minum susu karena dapat merilekskan tubuh sehingga mudah tidur. Sebaiknya susu hangat supaya kalsium cepat diserap tubuh.

2) Tidak dibareni dengan saat makan besar seperti makan siang dan makan malam
Makan pagi lebih tepat dibarengi dengan minum susu karena sebagian besar orang terutama diperkotaan cenderung sarapan pagi memilih makanan praktis tidak makan besar misalkan makan roti dengan selai, jus dengan telur separo matang atau susu dengan biskuit.

3) Tidak pada saat atau sebelum olah raga.
Sebaiknya ketika ingin berolahraga perut dalam keadaan rileks dan kosong dalam arti semua makanan dan minuman telah selesai dalam proses penyerapan dalam tubuh.
Jika di dalam perut masih banyak makanan dan minuman dalam proses pencernaan kemudian berolahraga maka usus menjadi terbebani dan terasa ngilu ketika berolah raga. Selain itu juga dapat mengganggu proses penyerapan makanan dan minuman dalam tubuh.

Oleh karenanya jika selesai berolahraga ingin makan dan minum maka tunggu badan sudah rileks serta nafas sudah teratur tidak ngos - ngosan lagi.
 
Susu adalah minuman yang mengandung kalsium tinggi. Jika sulit mendapatkan susu bisa dengan mengkonsumsi makanan dan minuman lainnya yang juga mengandung kalsium.  Baca juga, Cara Pemenuhan Kalsium Selain Susu Murni. Semoga bermanfaat dan salam sehat sejahtera bagi kita semua.