Cara Menghilangkan Komedo Dan Jerawat Serta Mencerahkan Wajah Kusam

Wajah kusam, komedo dan jerawat bisa menganggu penampilan. Tidak ada gunanya memakai bedak dan make up jika wajah kusam, banyak komedo dan jerawat. 

 Bekas jerawat membuat wajah terlihat tidak terawat meskipun sudah dirawat. Saya rekomendasikan salep Vitacid yang kandungannya 0,025% tretinoin, lekas mengeringkan jerawat dan menghilangkan noda htam bekas jerawat.

 Penyebab wajah kusam dan komedo pada dasarnya karena pH kulit wajah tidak seimbang sehingga menyebabkan kulit wajah kekeringan atau sebaliknya berminyak. Baca juga, Resep Kecantikan Wanita Secara Alami

Kulit normal pH berada pada angka 5,5. Kulit berminyak lebih asam sehigga memiliki pH kurang dari 55 (<5,5) . Sebaliknya kulit kering memiliki pH lebih tinggi dari 5,5 (>5,5)

Jika kulit wajah kekeringan maka akan terlihat kusam, mudah bersisik, berkomedo, mudah keriput, bedak dan make up sulit menempel. Jika sebaliknya kulit wajah berminyak bisa menimbulkan banyak jerawat, kulit mengkilap, bedak dan make up cepat luntur.

Supaya kulit wajah pH nya seimbang caranya menggunakan lemon, jus nanas atau jus mentimun sebagai masker. Namun menggunakannya harus teratur supaya kulit wajah senantiasa normal dan cerah berseri.

Terdapat lima cara menghilangkan komedo dan memperbaiki kulit wajah kusam secara alami sesuai dengan jenis kulit sbb:

  1. Jika kulit muka berminyak, oleskan secara merata perasan air jeruk lemon asli Indonesia yang biasa dipakai masak ibu - ibu. Jika pakai lemon impor hasilnya tidak akan bagus. Setelah itu tunggu 10 menit lalu bilas pakai air kemudian dilap pakai handuk. Langsung seketika muka terasa halus, dingin, pori - pori terasa mengecil. Inilah kelebihan bahan alami terasa ringan dimuka dan terasa nyaman. Kadang bisa juga dipakai perawatan yg ke 3 untuk kulit normal.
  2. Jika kulit muka kering, oleskan jus nanas yg matang manis secara merata keseluruh wajah. Setelah itu tunggu 10 menit lalu bilas pakai air kemudian dilap pakai handuk. Langsung seketika muka terasa halus, dingin, pori - pori terasa mengecil. Inilah kelebihan bahan alami terasa ringan dimuka dan terasa nyaman. Jus nanas juga dapat menghilangkan flek- flek hitam jika teratur menggunakannya akan berangsur -angsur hilang. Kadang bisa juga dipakai perawatan yg ke 3 untuk kulit normal. 
  3. Jika kulit muka normal, oleskan jus mentimun secara merata keseluruh wajah. Jus mentimun juga dapat menghilangkan mata panda (sekeliling mata menghitam). Setelah itu tunggu 10  menit lalu bilas pakai air kemudian dilap pakai handuk. Langsung seketika muka terasa halus, dingin, pori - pori terasa mengecil. Inilah kelebihan bahan alami terasa ringan dimuka dan terasa nyaman.
  4. Namun jika sedang sibuk tidak sempat membuat bahan alami tersebut sementara bisa menggunakan toner. Toner mawar untuk kulit kering dan normal. Toner jeruk untuk kulit berminyak. Toner yang ringan buatan tradisional misalnya Sariayu. Toner bisa dioleskan diseluruh wajah sebelum tidur dan dibawa tidur. 
  5. Selain itu yang sangat penting adalah tidur nyenyak supaya metabolisme tubuh lancar dan regenerasi kulit cepat berganti yang baru. Jika tidur selalu tidak nyenyak dapat mengganggu pH kulit sehingga pH kulit wajah selalu tidak seimbang. Bagi yang muslim berwudhu bagus untuk kesegaran kulit apalagi khusyuk niat wudhuya wajah terlihat becahaya.  Baca juga, Insomnia Berkepanjangan Dapat Melumpuhkan Kinerja Otak