Pengaruh Kebersihan Gigi Bagi Kesehatan Dan Penampilan

Menjaga kebersihan gigi sangat penting dilakukan karena jika gigi tidak bersih dapat mengganggu kesehatan dan mengganggu penampilan. Gigi yang tidak bersih menyebabkan karang gigi menumpuk dan dapat melubangi gigi.

Karang gigi atau kalkulus gigi terbuat dari plak dan zat kapur yang berada di air liur. Plak sendiri terdiri dari lapisan bening di gigi dan kuman. Di dalam mulut terdapat lebih dari 350 jenis kuman yang dapat menyebabkan karies. Jika di gigi atau sela - sela gigi terdapat banyak makanan tidak dibersihkan maka kuman akan mencerna makanan tersebut, lama - kelamaan akan menyebabkan karang gigi.

Jika gigi penuh karang, berlubang dan gusi pun meradang maka bakteri pada gigi akan menyebar keseluruh tubuh melalui darah. Bakteri tersebut dapat menggerogoti tubuh yang sedang lemah diantaranya dapat menyerang otak, jantung, ginjal, persendian, dll.

Pembentukan karang gigi paling mudah terjadi pada para perokok karena asap rokok mengendap pada gigi dan akar gigi sehingga permukaan gigi menjadi kasar dan memudahkan plak melekat di gigi. Asap rokok dapat juga menyebabkan peradangan gusi karena bertumpuk plak di gusi.



Penampilan juga tidak kalah penting dari kesehatan. Seseorang yang memiliki karang gigi parah bahkan menghitam serta sudah melubangi gigi ketika tersenyum terlihat tidak sedap dipandang mata. Meski memiliki wajah tampan atau cantik jika tersenyum terlihat kumal karena gigi terkesan kotor tidak terurus.

Sebelum merusak penampilan jagalah kesehatan gigi sejak dini. Baca juga, Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Gusi Berdasarkan Fase Umur  Apalagi gigi depan jika sudah dilubangi karang gigi maka penampilan gigi sudah tidak bisa normal seperti semula karena gigi sudah sompeng tergerus karang gigi.

Jika karang gigi sudah parah dan menebal segeralah ke klinik atau ke dokter gigi untuk melakukan scalling supaya karang gigi cepat dikikis seperti gambar berikut:



Setelah itu jagalah kebersihan gigi secara intensif supaya karang gigi tidak menumpuk. Jika ingin mengembalikan warna gigi menjadi lebih putih dan bening bisa dilakukan dengan bleaching gigi namun dibawah pengawasan dokter.

Bleaching gigi biasanya menggunakan bahan oksidatif seperti hidrogen peroksida dan karbamid peroksida untuk memuthkan warna gigi yang sudah pudar karena zat warna yang terkandung dalam makanan dan minuman. Bahan tersebut akan dioleskan di gigi yang warnanya sudah pudar untuk melepaskan memecah zat warna pada gigi. Asap rokok, miuman bersoda, teh kopi, paling cepat memudarkan warna gigi.