Norma - Norma Sulit Diterapkan Tanpa Suri Tauladan

Kata "Suri Tauladan" terkesan sederhana namun arti yang terkandung didalamnya berdampak besar bagi kehidupan masyarakat baik dalam lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, maupun lingkungan antar negara.

Sebagian orang menyebut suri tauladan sebagian orang lainnya menyebut suri teladan. Berdasarkan KBBI suri teladan artinya contoh yang baik, pantas untuk ditiru.

Suri tauladan dalam lingkungan keluarga misalkan suri tauladan orang tua terhadap anak, suri tauladan imam keluarga (suami) terhadap istri, suri tauladan kakak terhadap adik, dll.

Suri tauladan dalam lingkungan bermasyarakat misalkan suri tauladan guru terhadap murid, suri tauladan pemuka masyarakat terhadap masyarakat, suri tauladan kepala negara terhadap rakyat yang dipimpinnya, suri tauladan keluarga yang harmonis bagi keluarga - keluarga lainnya dll.

Suri tauladan dalam lingkungan antar negara misalkan suri tauladan pemimpin negara yang adil dan bijaksana bagi pemimpin - pemimpin negara lainnya



Banyak orang yang merugi jika tidak menghayati pentingnya arti suri tauladan. Norma - norma yang diterapkan misalkan norma - norma dalam keluarga akan sulit dilaksanakan bahkan akan menjadi bumerang dan salah kaprah jika tidak ada suri tauladan diantaranya adalah terjadi anak durhaka pada orang tua, orang tua tidak harmonis, adik dan kakak selalu bertengkar, rakyat frustrasi tidak percaya pada pemerintah menyebabkan kerusuhan, dll.

Norma - norma yang diterapkan tanpa suri tauladan terasa seperti kebohongan bagi yang diterapkan.

Berdasarkan KBBI Norma adalah:
  1. Aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan berterima: setiap warga masyarakat harus mentaati yang berlaku;
  2. Aturan ukuran,atau kaidah yang dipakai sebagai tolok ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu ;
  • Agama, aturan yang menata tindakan manusia dalam pergaulan dengan sesamanya yang bersumber pada ajaran agamanya;
  • Sosial, aturan yang menata tindakan manusia dalam pergaulan dengan sesamanya;
  • Susila, aturan yang menata tindakan manusia dalam pergaulan sosial sehari hari, seperti pergaulan antara pria dan wanita.
Norma - norma yang akan diterapkan sulit dilaksanakan bahkan bisa dimentahkan jika tidak ada suri teladan bagi yang ingin menerapkannya. Baca juga, Siapa Yang Menanam Maka Dia Yang Akan Menuai Hasilnya

Intinya yang dibutuhkan dalam berkehidupan berkeluarga,berbangsa dan bernegara adalah berusaha menjadi suri tauladan meskipun tidak harus sempurna sesuai dengan peran masing - masing orang dalam lingkungan terkecil (keluarga) hingga lingkungan terbesar (negara).