Penyebab Kencing Manis (Diabetes) Dan Cara Mengobatinya Secara Alami


Penyakit kencing manis (Diabetes) terjadi karena hormon insulin yang dihasilkan pankreas tidak mampu merubah gula yang ada dalam darah menjadi tenaga sehingga gula darah dalam tubuh menumpuk.



Penyakit kencing manis (Diabetes) tidak akan terjadi jika pankreas tidak mengalami gangguan tertentu. Gangguan pada pankreas disebabkan karena:
  1. Kelebihan asupan gula menyebabkan tidak sebandingnya insulin yang dihasilkan pankreas dengan banyaknya kadar gula (glukosa) dalam darah sehingga gula menumpuk dalam darah.
  2. Metabolisme tubuh menjadi lambat karena faktor usia yang menyebabkan kencing manis.
  3. Kelainan bawaan lahir yang menyebabkan pankreas tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kelebihan imun (autoimmune) pada seseorang dapat menyerang pankreas sehingga pankreas tidak mampu menghasikan insulin sebagaimana mestinya. Pada kasus ini penderita membutuhkan suntikan insulin seumur hidup. Kondisi seperti ini dikategorikan diabetes tipe 1
  4. Kehamilan menyebabkan diabetes gestational, ketika hamil plasenta memproduksi hormon yang menyebabkan resistensi insulin.
  5. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang merusak pankreas menyebabkan pankreasitis. Pankreasitis yaitu kondisi pankreas yang rusak dan mengalami peradangan yang akan menyebabkan kematian jika sudah parah.
Selain menghasilkan hormon insulin, pankreas juga menghasilkan enzim pencernaan yang dapat memecah lemak, kabohidrat dan protein. Oleh karenanya jika terjadi gangguan pada pankreas menyebabkan terjadinya berbagai penyakit komplikasi paru - paru, jantung, ginjal, dll.

Sangatlah bahaya jika terjadi gangguan pada pankreas maka, tindakan yang harus dilakukan supaya terhindar / mencegah penyakit kencing manis / gula (diabetes) adalah sebagai berikut:
  • Biasakan gaya hidup sehat tidak mengkonsumsi makanan dan minuman manis berlebih terutama sekali pada usia setengah baya karena aktifitas lebih sedikit sehingga metabolisme tubuh lebih lambat.
  • Hindari aktifitas yang tidak sehat yaitu, merokok, minuman bersoda, minuman alkohol, sering mengkonsumsi obat - obatan dll yang akan merusak fungsi pankreas.
  • Jangan malas bergerak supaya gula dalam darah cepat dirubah insulin menjadi tenaga.
  • Disarankan ganti makanan pokok beras putih menjadi beras merah. Kandungan serat pada beras merah dapat menghambat proses penyerapan glukosa dalam darah dan baik sekali terutama bagi yang obesitas dan menderita diabetes. Selain itu kandungan serat yang tinggi pada beras merah akan mempercepat masa tinggal sisa makanan dalam usus sehingga dapat menurunkan resiko kanker usus.
  • Hindari langsung tidur setelah makan malam karena gula darah tidak diproses sempurna oleh insulin menjadi tenaga sehingga menimbulkan penumpukan gula darah dalam tubuh.
Jika sudah terkena penyakit kencing manis (diabetes) segera diobati ! jangan sampai gula darah menjadi tinggi sekali bahkan menyebabkan luka tidak sembuh sehingga harus diamputasi. 
 
Diabetes dapat diobati degan cara sbb :
- Mengkonsumi daun keji beling, daun afrika, daun salam, buncis,
- Oleskan biang madu (Propolis) yang memiliki zat anti peradangan pada luka bisa untuk mengobati luka karena diabetes,
- Tanaman kumis kucing bisa mengurangi beban kerja pankreas sehingga kencing manis (diabetes) mudah sembuh. Baca juga, Tanaman Kumis Kucing Dapat Mencegah Dan Menyembuhkan Berbagai Penyakit
- Minum ekstrak buah mengkudu (Tahiti Noni), dll. Baca juga, Hubungan Kualitas Darah Dengan Penyakit

Gejala - gejala terkena diabetes yaitu, lemas dan cepat lelah, selalu mengantuk, berat badan menurun, sering buang air kecil, sering haus, nafsu makan meningkat selalu merasa lapar, pandangan mata buram, nyeri dan kesemutan pada tangan dan kaki, kaki bengkak, gatal - gatal pada kulit serta luka yang sulit sembuh bahkan bisa diamputasi jika luka sudah parah dan menjalar.

Oleh karenanya waspadai gejala - gejala tersebut !