Penyebab Alergi : Debu, Cuaca Dingin, Makanan Dan Cara Mengatasinya


Tidak semua orang kebal terhadap debu, pertukaran cuaca dingin, dan makanan tertentu. Tidak kebal terhadap debu, cuaca dan makanan tertentu membuat seseorang mengalami reaksi alergi.

Penyebab utama alergi karena terhambatnya metabolisme tubuh yang disebabkan kurangnya daya tahan tubuh sehingga pembentukan sel dalam tubuh terganggu. Alergi akan bertambah kambuh jika seseorang mengalami stress karena stress dapat menghambat metabolisme tubuh.

Reaksi orang yang alergi debu dan alergi pertukaran cuaca dingin, akan mengalami bersin - bersin, hidung gatal, pilek, kulit gatal yang biasa disebut kaligata.

Kaligata, jika digaruk kulit menjadi perih maka, sebaiknya dibiarkan saja atau kalau tidak tahan gatal hanya ditekan pakai kuku. Lama - lama alergi akan hilang sendiri jika daya tahan tubuh diperkuat.

Reaksi orang yang alergi makanan, biasanya mengalami kulit gatal atau bibir borok bila makan udang, ikan asin, telur terutama telur ayam negri dll. Alergi pada jenis makanan tertentu bisa juga karena bawaan kualitas darahnya yang sulit mencerna jenis makanan tersebut.





Hal - hal yang harus dilakukan supaya tidak mudah alergi dan juga bisa mengatasi alergi adalah sebagai berikut:
1. Hindari berbagai penyebab alergi.
(a) Jika alergi makanan maka, jangan mengkonsumsi makanan penyebab alergi. Makanan penyebab alergi biasanya udang, ikan asing, cumi, dan telur ayam negri.
(b) Jika alergi debu maka, selalu memakai masker jika bersih - bersih rumah atau membuka buku lama yang berdebu, jangan menghidupkan kipas angin membuat hidung gatal karena debu menjadi bertebangan
(c) Jika alergi karena cuaca terutama cuaca dingin maka, selalu memakai baju hangat jika badan terasa dingin, jangan menghidupkan kipas angin membuat hidung gatal karena perputaran angin bisa cepat kembung masuk angin dan bersin.
(d) Untuk semua jenis alergi maka, hindari stress karena stress dapat menghambat metabolisme tubuh yang akan memicu alergi

2. Banyak Bergerak
Bebenah rumah atau berolah raga secara teratur supaya aliran darah lebih lancar yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memperkuat antibody tubuh .

3.  Sering minum air hangat hingga berkeringat. Selain air hangat bagus juga beli jajanan yang cepat perkeringat diantaranya soto, sop, dll dimakan hangat - hangat cepat mengeluarkan keringat
 
4. Segera engkonsumsi Zinc 1x sehari agar alergi cepat reda
Sebagaimana diketahui manfaat zich diantaranya adalah memperkuat imun, mempercepat proses penyembuhan penyakit, mempercepat penyembuhan luka, mencegah peradangan, dll
 
5. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat menguatkan daya tahan tubuh terhadap alergi secara teratur
Jenis makanan dan minuman yang dapat menguatkan daya tahan  tubuh yaitu, terutama yang mengandung vitamin C, zat antioksidan, protein tubuh yang cukup, madu, susu, dll .Lebih baik lagi jika makanan dan minuman yang dikonsumsi alami dan asli Indonesia yang hidupnya sesuai iklim Indonesia untuk menangkal alergi di Indonesia

Contohnya, jeruk medan yang manis yang warnanya orange bagus untuk vitamin C, tomat asli indonesia yang warnanya merah bagus untuk menambah antioksidan. Selain itu usahakan setiap hari pagi - pagi sebelum sarapan minum satu sendok teh madu asli. Usahakan juga sebelum tidur 1 jam setelah makan malam minum susu murni bukan susu instan.

Teratur minum susu dapat memperkuat tubuh mengurangi bahkan menghilangkan alergi. Baca juga, Cara Minum Susu Yang Benar

Biasanya alergi mudah datang ketika daya tahan tubuh sedang menurun. Namun pada orang tertentu alergi lebih sensitif/rentan terjadi. Bagi yang rentan terjadi alergi perlu mengkonsumsi herbal khusus untuk menghilangkan sensifitas terhadap alergi yaitu ramuan yang berasal dari ekstrak buah mengkudu yang biasa disebut Tahiti Noni.

Khasiat Tahiti Noni mengatur fungsi sel dan meregenerasi sel yang rusak, menambah kekebalan tubuh, menghambat radikal bebas karena memiliki antioksidan tinggi, dan dapat membersihkan darah.