Khasiat Tomat Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Manfaat tomat ternyata sangat luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Multi kandungan pada buah tomat diantaranya mengandung likopen, ẞ - karoten, kolagen, kalsium, kalium, vitamin A, C,K.

Tomat termasuk golongan sayuran meskipun bentuknya seperti buah. Tomat mudah didapat dan tidak tergantung oleh musim, hampir setiap hari tomat tersedia di pasar. Warna merah pada tomat berasal dari kandungan likopen yang tinggi. Likopen berperan sebagai antioksidan.





Likopen merupakan antioksidan yang efektif memiliki kemampuan mencegah radikal bebas yang merusak sel. Likopen memiliki antioksidan dua kali lebih efektif dibandingkan beta-karoten dalam melindungi sel darah putih dari kerusakan membran oleh radikal bebas.

Anti oksidan bekerja menangkap radikal bebas dan melepaskan elektronnya sendiri sehingga mencegah oksidasi radikal bebas yang merusak molekul - molekul lain.  
 
Beberapa multi manfaat tomat yang luar biasa bagi kesehatan adalah sebagai berikut:
  1. Zat likopen dengan antioksidan yang kuat menjadikan tomat menjadi zat anti kanker karena dapat menghentikan perkembangbiakan berbagai jenis kanker diantaranya, kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, bahkan kanker paru - paru. Baca juga, Cara Jitu Mencegah Dan Mengobati Kanker Payudara
  2. Zat likopen dengan antioksidan yang kuat dapat mengurangi resiko asma terutama pada anak kecil untuk memerangi virus dingin.
  3. Zat likopen dengan antioksidan yang kuat dapat mengurangi stress dan memperbaiki kerusakan pada sel otak sehingga dapat juga mengurangi depresi.
  4. Mencegah penyakit jantung dan menjaga tekanan darah. Kandungan potassium/kalium yang tinggi dapat menurunkan tekanan darah dalam pembuluh darah dengan meningkatkan sirkulasi darah sehingga menurunkan stres pada jantung. Potassium adah mineral elektrolit yang diperlukan tubuh terutama otot, ginjal, tulang, jantung, saraf pada otak.
  5. Kandungan vitamin A pada tomat mampu meningkatkan fungsi penglihatan dan mencegah katarak.
  6. Dapat mengurangi bintik penuaan dini dan keriput. Kandungan vitamin C yang tinggi memiliki manfaat yang luar biasa bagi kecantikan diantaranya yaitu dapat dapat mengecilkan pori - pori dan mencerahkan kulit. Keberadaan kolagen dan likopen pada tomat dapat mencegah kerusakan kulit akibat kerutan, polusi, panas matahari, dan dapat meregenerasi sel kulit mati.
  7. Memiliki kandungan vitamin K dan kalsium yang tinggi yang membuat tulang menjadi kuat.
  8. Dapat menurunkan berat badan dan memperlancar buang air besar. Kandungan zat terdapat dalam tomat yang telah di jelaskan diatas dapat menjadikan metabolisme tubuh lebih lancar memudahkan pembakaran lemak.
Mengkonsumsi tomat membuat perut adem dan badan segar serta dapat memperlancar buang air besar (b a b), tomat dapat langsung dimakan dipotong - potong kemudian tambahkan sdikit gula psir atau lebih bagus madu 1 sendok teh supaya kadar asamnya meredam. Mengkonsumsi buah tomat supaya mendapatkan manfaat lebih optimal direbus terlebih dahulu supaya kandungan likopen menjadi lebih tinggi. Caranya adalah sbb:
  • Cemplungkan 3 tomat yg kecil atau 2 tomat yg besar kedalam air mendidih selama 30 detik kemudian tiriskan
  • Tunggu 1 menit kemudian jus tomat tersebut tanpa menambah air karena tomat sudah banyak kandungan airnya. Kemudian saring dan tambahkan madu kurang lebih 1 sendok teh supaya rasa asam tomat berkurang.
  • Jus tomat siap dikonsumsi sehari sekali setelah makan atau sebelum makan. Likopin larut dalam lemak bagus jg dikonsumsi setelah makan.
Baca juga, Penyebab Dan Cara Mengatasi Wasir (Ambeien) Secara Alami
Khusus bagi yang sulit buang air besar setelah tomat direbus seperti cara diatas langsung dipotong - potong saja tidak di jus kemudian, tambahkan madu satu sendok teh.