Pentingnya Introspeksi Diri Dalam Menjalani Kehidupan


Begitu banyak permasalahan - permasalahan hidup yang harus dihadapi oleh manusia baik peranannya sebagai individual, sebagai anggota keluarga dan sebagai anggota masyarakat.

Setiap permasalahan ada yang terjadi karena dari dalam diri maupun dari luar diri seseorang. Bagaimanapun permasalahan dari dalam dan dari luar diri seseorang tentulah penyelesaian utamanya dari dalam diri seseorang. Karena permasalahan yang datangnya dari luar diri seseorang adalah permasalahan yang datang dari dalam diri orang lain.

Contoh permasalahan dari luar diri seseorang misalkan, permasalahan peredaran narkoba yang merusak masyarakat maka cara penyelesaiannya adalah pengedar berusaha kembali cari nafkah yang benar tidak merusak orang lain dan bangsa hanya untuk kepentingan diri sendiri atau sekelompok orang tertentu.



Hal yang terpenting dibenahi adalah permasalahan yang paling dekat dengan diri kita sendiri yatu, permasalahan diri kita sebagai anggota keluarga dan sebagai anggota masyarakat. Jika permasalahan tersebut sudah dibenahi tentunya permasalahan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara mudah dibenahi.

Manusia - manusia yang terpimpin mentalnya dengan baik adalah manusia yang sering introspeksi diri jika ada kesalahan dari dalam dirinya untuk bisa memimpin dirinya lebih baik dan bisa menjadi manfaat. Orang yang tidak sering mengintrospeksi diri akan merasa dirinya sudah baik padahal belum, bahkan dia bisa menjadi sombong karena merasa dirinya sudah baik.

Sebagai contoh, seorang anak sudah merasa membahagiakan orang tua padahal dia masih membuat orang tuanya bersedih, demikian sebaliknya orang tua sudah merasa baik mendidik anak padahal membuat anaknya labil dan tidak dapat memimpin dirinya dengan baik. Satu lagi, sebagai contoh dalam lingkungan pertemanan kita sudah merasa baik sebagai seorang teman padahal teman merasa kita egois yang tidak kita sadari karena tidak sering instropeksi diri.

Sering introspeksi diri dimanapun berada adalah sangat penting jika ingin menjadi lebih baik dalam kehidupan pribadi, dalam kehidupan berkeluarga dan dalam kehidupan bermasyarakat. Introspeksi diri dalam islam dikenal dengan muhasabah. Baca juga, Pentingnya Muhasabah Bagi Seorang Muslim Yang Bercita - Cita Masuk Surga

Berdasarkan KBBI introspeksi adalah peninjauan atau koreksi terhadap (perbuatan, sikap, kelemahan, kesalahan, dan sebagainya) diri sendiri; mawas diri;