Pentingnya Muhasabah Bagi Seorang Muslim Yang Bercita - Cita Masuk Surga


Muhasabah dimanapun kita berada sangat penting bagi kehidupan dunia dan akhirat. Muhasabah adalah instrospeksi diri atas apa yang telah kita lakukan dan apa yang harus kita perbaiki demi masa depan yang lebih baik.

Muhasabah dapat memberikan ketenangan dan pencerahan yang baik bagi umat Islam. Baca juga, Pentingnya Introspeksi Diri Dalam Menjalani Kehidupan

Muhasabah berasal dari kata hasabah yang artinya menghisap atau menghitung diri sendiri yang bisa disebut dengan introspeksi diri. Muhasabah dilakukan atas dasar berharap mendapat keridhoan Allah dari apa yang telah diperbuat.

Bermuhasabah dilakukan oleh muslim yang bercita - cita memasuki surga Allah dan jauh dari azab Allah, Nauzubillah. Baca juga, Apakah Allah Ridho Apa Yang Kita Lakukan?




Sebagaimana Hadist Rasulullah dan Firman Allah mengenai muhasabah adalah sbb:

" Dari Syadad Aus r. a, dari Rasulullah SAW, bahwa beliau berkata, "Orang yang pandai adalah yang menghisap (mengevaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan - angan terhadap Allah SWT". (HR Imam Tirmidzi)

"Hai orang - orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan" (Al - Hasyr(59) : 18)