Penyebab Utama TBC dan Cara Penyembuhannya


Penyakit TBC adalah salah satu penyakit yang disebabkan kuman atau bakteri disekitar kita yang mengenai tubuh terutama saat daya tahan tubuh lemah karena TBC bisa menular melalui udara.

Jika sudah terjangkit TBC pengobatan harus intensif sekurang - kurangnya 6 bulan bahkan ada yang harus 8 hingga 10 bulan. Bakteri TBC sulit di hilangkan bahkan beberapa kuman TBC ditemukan di mummy yang sudah ratusan tahun. Oleh karenanya jika pengobatan tidak tuntas bakteri TBC bisa berkembang kembali bahkan lebih dasyat.

Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit menular umum, dan beberapa kasus bersifat mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai starin mikrobakteria, umumnya mikroba Tuberculosis menyerang paru - paru, namun juga berdampak pada bagian tubuh lainnya.





Penyebab penyakit TBC kadang tidak disadari karena aktifitas yang sibuk sehingga kurang memperhatikan penyebabnya yang sering berada disekitar kita. Penyebab utama TBC yang harus diketahui adalah sebagai berikut:
  1. Terkena bakteri/kuman pada tempat yang lembab dan tempat yang kurang bersih.
  2. Terkena bakteri/kuman pada tempat yang polusi udaranya tinggi
  3. Terkena bakteri/kuman dari sipenderita TBC karena kuman TBC bisa menular melalui udara. TBC sangat mudah mengenai tubuh yang kurang gizi atau daya tahan tubuh yang kurang kuat.
Gejala TBC kadang tidak disadari dan menyangka hanya penyakit batuk biasa sehingga tidak segera dilakukan penanganan dini. Gejala - gejala utama terkena TBC adalah sebagai berikut:
- Keluar keringat dingin pada malam hari
- Badan lemas kurang tenaga
- Demam naik turun
- Nafsu makan berkurang
- Berat badan berkurang
- Batuk tidak sembuh selama hampir sebulan
- Batuk berdahak dan bahkan berdarah

Hal - hal yang harus diperhatikan untuk mencegah TBC adalah sebagai berikut:
  • Jaga kebersihan badan dan ligkungan tempat tinggal.
  • Memiliki kecukupan gizi makanan "empat sehat lima sempurna" supaya daya tahan tubuh kuat.
  • Jangan sering begadang karena dapat mengurangi daya tahan tubuh.
  • Berolah raga teratur supaya metabolisme tubuh lancar dan memiliki antibodi tubuh yang tangguh.
  • Memakai masker jika berada di tempat yang penuh polusi dan jangan lupa juga memakai masker di RS yang banyak penderita TBC terutama jika daya tahan tubuh kurang akan mudah tertular TBC.
  • Bekas gelas dan piring penderita TBC harus dicuci dengan bersih jika ingin menggunakannya kembali. 
  • Lebih aman di tempat umum yang banyak orang selalu memakai masker, karena kita tidak tahu diantara orang lain yg memiliki penyakit menular melalui udara.
  • Jangan lupa mengkonsumsi buah - buahan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi misalnya jeruk manis asli Indonesia, tomat asli Indonesia, stowberry, bluberry, kiwi, buah naga merah, dll. Disarankan lebih mengkonsumsi buah - buahan asli Indonesia jangan buah - buahan impor. Buah - buahan asli indonesia tentunya berkembang sesuai dengan iklim dan unsur - unsur hara yang ada di Indonesia oleh karenanya zat yang ada didalamya tangguh melawan bakteri, virus, dan kuman yang ada di Indonesia
Mengatasi TBC harus intensif dan benar - benar tuntas jika tidak maka kuman TBC hinggap kembali dalam jumlah lebih besar. Hal - hal yang perlu dilakukan dalam mengatasi TBC adalah sebagai berikut :
  1. Sering berjemur di matahari pagi hingga jam 9 supaya berbagai kuman atau bakteri mati dan menambah vitamin D untuk daya tahan tubuh.
  2. Kasur tidur penderita TBC juga perlu dijemur di matahari supaya kuman atau bakteri yang menempel bisa mati.
  3. Meminum obat TBC  yang umum diterapkan dokter diantaranya Rifampicin atau Pyrazinamide atau Isobiazid, dll biasanya disertai obat antibiotik hingga tuntas sesuai anjuran dokter. Biasanya terdiri dari 3 jenjang tergantung kronisnya penyakit TBC yaitu; hingga 6 bulan, hingga 9 bulan, bahkan hingga 10 bulan. Sekarang ini sudah banyak dicoba mengkonsumsi jus buah dan jus daun Tekokak/Rimbang ampuh mencegah dan mengobati TBC gak harus lama kurang lebih satu bulan sudah sembuh. Baca juga, Buah Dan Daun Tekokak (Rimbang) Ampuh Mencegah Dan Mengobati TBC Seketika
  4. Minum susu di perbanyak karena susu memiliki kalsium tinggi. Kalsium bukan hanya untuk penguatan tulang namun juga dibutuhkan untuk proses yang lain yaitu; melancarkan peredaran darah, menormalkan denyut jantung, menguatkan otot, mengaktifkan pankreas, mengurangi resiko kanker usus, dll. Baca juga, Cara Pemenuhan Kebutuhan Kalsium Selain Susu Murni dan Cara Minum Susu Yang Benar
Atasi penyakit TBC sedini mungkin supaya mudah disembuhkan.