Hukuman Bagi Orang Yang Munafik Dan Suka Menyakiti Orang Lain Menurut Islam


Sesungguhnya tujuan Al qur'an diturunkan sebagaimana Nabi Muhammad diturunkan yaitu menyempurnakan akhlak. 
 
"Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhak" (HR. Bukhari ) 
 
 Bagi yang sudah menjalankan ibadah wajib namun akhlaknya tidak santun sesuai dengan Al qur'an dan Hadits maka, koreksi kembali niat dan cara ibadahnya karena sesungguhnya mereka adalah orang yang bangkrut pada hari akhir. Baca juga, Apakah Allah Ridho Dengan Apa Yang Kita Lakukan ?

Jangan pernah tertipu dengan orang yang ahli ibadah namun akhlaknya tidak sesuai dengan yang diinginkan Allah. 

"Itulah orang yang bangkrut di hari kiamat, yaitu oang yang rajin beribadah tetapi dia tidak memiliki akhlak yang baik. Dia merampas hak orang lain dan menyakiti mereka" (HR. Muslim no 6522, At-Tirmidzi, Ahmad dan lainnya)
 
Al qur'an telah menerangkan hukuman bagi yang suka menyakiti dan memfitah orang lain. Orang yang memfitnah orang lain tergolong orang munafik karena berdusta.  
 
"Dan orang - orang yang menyakiti orang - orang mukmin laki - laki dan perempuan tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata" ( QS. Al Ahzab : 58)

"Bagi mereka tikar tidur dari api neraka dan diatas mereka ada selimut (api neraka). Demikianlah kami memberi balasan kepada orang - orang yang zalim" (QS. Al A'raaf : 41)

"Fitnah itu lebih kejam dari pada pembunuhan (Al Baqarah : 191 dan 217)




"Setiap muslim itu haram atas muslim lainnya; darahnya, hartanya, dan kehormatannya." (HR. Muslim dan Tirmidzi dari Abu Hurairah)

"Orang mukmin bukanlah orang yang suka menghujat, mengutuk, berkata keji dan jorok" (HR. Tarmidzi)


Kesimpulannnya akhlak manusia dilihat dari perkataannya dan juga perbuatannya. Jika perkataan baik namun perbuatan buruk sangatlah hati - hati dengan orang seperti ini karena orang seperti ini tergolong orang munafik. Orang munafik suka bermuka dua dan banyak berpura - pura.

"Tanda - tanda orang munafik ada tiga yaitu : jika berbicara dia berdusta, jika berjanji dia mengingkari, dan jika diberi amanah dia berkhianat" (HR. Bukhari)

"Sesungguhnya orang - orang munafik ditempatkan pada tingkatan yang paling bawah dineraka dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka" (QS. Annisa :145)