Hukuman Bagi Orang Yang Suka Bergunjing (Ghibah ) Sangat Menjijikkan


Bergunjing ( Ghibah )merupakan salah satu perangkap syaitan yang bisa mengecohkan manusia sehingga manusia melakukan dosa yang sangat menjijikkan sebagaimana diterangkan dalam Qur'an

"Dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Apakah salah seorang diantara kamu suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik dengannya" (Al-Hujurat :12)




Dalam lingkungan apapun manusia perlu diskusi sesuatu hal atau hanya sekedar curhat. Namun tidak sedikit manusia yang masuk dalam perangkap pergunjingan. Pergunjingan akan terus dilakukan bahkan bisa secara tidak sadarkan diri karena kebiasaan.

Kebiasaan bergunjing yang sering terjadi dilingkungan umumnya dilakukan oleh para wanita oleh karenanya banyak sekali wanita yang ada dineraka karena lidahnya Nauzubillah. Caranya untuk menghindari pergunjingan adalah sbb:
  1. Tanamkan dalam hati dosa yang akan dipikul jika menggunjing seseorang. Baca juga, Jika Segumpal Hati Baik Maka Baik Juga Seluruh Jasat Manusia
  2. Berusaha menghindari pergunjingan dengan tidak menanggapi pembicaraan pergunjingan dalam masyarakat
  3. Niat untuk berdiskusi namun tidak membongkar aib seseorang karena suatu saat Allah akan membongkar aibnya. Bukanlah seorang dikatakan mukmin jika suka mencemarkan kehormatan orang lain, mengutuk dan mengumpat. Hal ini dapat diterangkan dalam Hadist Nabi Muhammad SAW
"Orang mukmin itu bukan orang yang suka mencemarkan kehormatan, bukan pula orang yang suka mengutuk, berkata keji dan mengumpat" (HR At-Tirmidzi, Ahmad, Bukhari)

"Sesungguhnya orang yang membuka aib saudaranya yang muslim maka Allah akan membuka aibnya" (HR Muslim, Abu Daud, At-Tirmidzi)