Waspadai Belang Vitiligo ! Dan Bagaimana Mengobatinya?

Vitiligo adalah jenis penyakit kulit yang menyebabkan warna kulit belang karena terhambatnya pertumbuhan pembentukan pigmentasi pada kulit. Terhambatnya pertumbuhan pigmentasi pada penderita vitiligo disebabkan oleh 2 faktor utama yaitu faktor genetik dan faktor non gentik.

(a) Faktor genetik yaitu, vitiligo yang disebabkan oleh faktor keturunan berasal dari ayah atau ibunya.
(b) Faktor non genetik yaitu, vitiligo yang disebabkan oleh daya tahan tubuh yang tidak mampu melawan radikal bebas sehingga menganggu produksi pigmen yang diantaranya disebabkan berikut ini :
  • Karena stres yang berkepanjangan
  • Kurangnya waktu untuk istirahat tidur
  • Pemakaian cat pewarna rambut tidak memakai sarung tangan
  • Pemakaian kosmetik diluar batas standar kesehatan kulit.
  • Terlalu sering terbakar matahari bisa merusak pigmen
  • Sering menghirup udara yang berpolusi
  • Karena asupan gizi yang kurang dalam tubuh
  • Dll
Stres dan kurang tidur adalah pemicu utama karena menyebabkan daya tahan tubuh mudah lemah. Baca juga, Insomnia berkepanjangan Dapat Melumpuhan Kinerja Otak. Siapa saja, tua dan muda dapat tiba - tiba terserang vitiligo, bahkan beberapa artis dan model dunia ada yang mengalami vitiligo.



Vitiligo jika masih dibawah 50% masih bisa diupayakan pengobatannya agar pertumbuhan pigmen warna kulit bisa dikembangkan. Secara medis penyembuhan vitiligo dengan pengobatan Photo Theraphy yaitu dengan cara merangsang pertumbuhan kulit.

Namun sebaliknya dilakukan oleh artis penyanyi pop terkenal Michael Jackson yang menderita vitiligo yaitu dengan cara menghilangkan pigmen kulit, memang kulit terlihat merata putih namun sensitif jika terkena terik matahari dan radikal bebas.

Pengobatan vitiligo bisa menggunakan herbal untuk mengembangkan pertumbuhan pigmen diantaranya yaitu mengkonsumsi ekstrak teripang emas yaitu hewan laut yang hidupnya di dasar laut dalam bentuk kapsul atau Jelly yang dikenal dengan nama Walatra Gamat Kapsul Selain itu bisa juga dengan mengkonsumsi Ginko Biloba, serta banyak asupan vitamin B12 dan vitamin C supaya vitiligo terhambat pertumbuhannya.

Vitiligo yang sudah diatas 50% sulit diobati. Vitiligo tidak menular karena bukan disebabkan oleh jamur atau bakteri tetapi disebabkan oleh faktor internal penderita yang mengakibatkan zat pembentukan pigmen kulit terhambat pertumbuhannya.