Insomnia Berkepanjangan Dapat Melumpuhan Kinerja Otak


Insomnia adalah gejala-gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia berkepanjangan dapat melumpuhkan kinerja otak bisa membuat pikun (pelupa) bahkan dapat berakibat fatal. Setiap manusia yang hidup normal pasti memiliki masalah dan berupaya menyelesaikan masalah dengan baik. Masalah mudah diselesaikan dengan baik jika setiap hari hidupnya teratur dan bisa membagi waktunya dengan baik

Setiap orang dalam kehidupan sehari - hari yang langgeng bisa membagi waktunya dengan baik karena ada saatnya istirahat, ada saatnya bekerja, ada saatnya rileks dengan cara ; melakukan rekreasi, melakukan hobby, berolah raga, mendekatkan diri ke Tuhan misalkan Sholat bagi muslim, dll.

Namun tidak demikian dengan orang yang insomnia, orang yang insomnia lupa istirahat untuk menyegarkan pemikiran atau lupa untuk merilekskan diri yang pada akhirnya tidak menyayangi diri sendiri. Oleh karenanya orang yang insomnia sulit memimpin dirinya dengan baik dan tidak dapat menyelesaikan masalahnya dengan baik.

Penyebab utama insomnia adalah karena,
(a). Gaya hidup yang tidak sehat 
Main game sebelum tidur, begadang malam karena gila kerja, tidak berserah diri kepada Tuhan ketika memiliki masalah malah banyak melamun, ketika sudah mengantuk pikiran tidak diistirahatkan (off) malah on, dll aktifitas yang lupa waktu dan tidak bisa membagi waktu dapat memicu insomnia.
(b). Memakan makanan dan minuman yang mengganggu tidur 
Sering mengkonsumsi kopi,merokok, narkoba, dll makanan dan minuman yang mengganggu tidur dapat memicu Insomnia.  

Itulah penyebab utama insomnia, yang sebagian besar karena gaya hidup yang tidak sehat. Jalan terbaik mengatasi insomnia adalah dengan mengindari penyebab utama tersebut. Bagi yg muslim bisa simak video Gaya Hdup Sehat Ala Rasulullah 




Jika insomnia berlangsung lama tanpa adanya usaha pemulihan kembali ke hidup normal maka otak menjadi pusing sulit berpikir jernih dan mudah pikun, beresiko depresi, struk, penyakit jantung, liver, kanker, dll, bahkan lebih parah lagi berakibat fatal. Selain itu insomnia juga dapat mengganggu kecantikan wanita karena wajah jadi cepat keriput dan kulit tidak fresh. Bisa dilihat video 5 Dampak Buruk Sering Tidur Tidak Nyenyak

Insomnia menjadi dilema di seluruh dunia terutama pada masyarakat perkotaan karena terlalu terfokus dengan kehidupan materi lupa dengan kehidupan spiritual.

Mengatasi insomnia secara instan yaitu dengan mengkonsumsi obat tidur adalah kesalahan besar karena konsentrasi obat - obatan yg tinggi dalam jangka waktu lama berdampak pada penyakit - penyakit lain yang akan timbul. Selain itu ketergantungan obat tidur menyebabkan seseorang tidak berusaha cara hidup sehat alami normal untuk bisa tidur nyenyak.

Supaya mudah mengatasi insomnia pehatikan hal - hal umum yang perlu dilakukan sebelum tidur supaya mudah tidur nyenyak sbb :
  1. Tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat mengganggu tidur nyenyak diantaranya yaitu kebanyakan minum kopi, merokok, makan coklat sebelum tidur, dll. Coklat meskipun makanan sehat mengembalikan bad mood menjadi mood namun makan coklat tidak baik jika ingin segera istirahat tidur. Baca juga, Coklat Dapat Mencegah Pembentukan Sel Kanker Dan Baik Untuk Kecantikan
  2. Mengenakan pakaian longgar dan posisi tidur yang baik menurut tradisi dan norma - norma yang berlaku. Bersihkan tempat didur, bahkan orang tua kita dahulu menasehatkan tempat tidur dikeprak dengan sapu lidi khusus untuk tempat tidur untuk mengusir makhluk halus yang mungkin tidur ditepat tidur
  3. Berusaha tidur di jam yang sama supaya ritme tubuh tetap sama yang akan memudahkan tubuh untuk istirahat sehingga tubuh mudah rileks. Berusaha tidur tidak larut malam / tidak begadang karena malam adalah waktu paling baik bagi tubuh untuk rileks dan bernafas dimana hiruk pikuk kehidupan sudah mereda. Paling telat tidur jam 11 malam, lebih awal tidur lebih baik.
  4. Jangan menggunakan lampu terang ketika ingin tidur usahakan yg redup saja. Cahaya dapat menekan kadar melatonin yang diproduksi di otak dapat menyebabkan rasa kantuk berkurang sehingga sulit tidur memicu insomnia. Selain itu lampu terang juga memicu kanker terutama pada wanita.
  5. Berusaha buang air kecil sebelum tidur karena dapat mengganggu mata ketika mengantuk tiba - tiba ingin buang air kecil sehingga tidak bisa tidur nyenyak. Usahakan minum air paling dekat waktu tidur minimal 1,5 jam sebelum tidur
  6. Sebelum tidur usahakan makan makanan dan minuman pemicu tidur diantaranya pisang ambon lumut, buah pala, minum susu, dll. Menurut dr. Rini Sjoekri, minum susu sebaiknya sebelum tidur karena susu mengandung asam amino tryptophan, suatu prekursor yang berguna untuk neurotransmitter serotonin. Sifat dari neurotransmitter ini sendiri yaitu menenangkan sehingga membantu proses tidur lebih cepat.
  7. Berusaha memanajemen pikiran dan berdo'a sebelum tidur caranya adalah sebagai berikut:
  • Hilangkan memikirkan masalah, berserah diri kepada Tuhan dan berusaha rileks bahwa tubuh dan fikiran butuh istirahat.
  • Berusaha ketika tidur pikiran tidak bercabang namun fokus satu cabang yaitu “ingin istirahat tidur supaya lebih segar untuk aktifitas esok hari". Baca juga, Cara Pengelolaan Otak Supaya Tidur Nyenyak 
  • Berdo'a sebelum tidur meminta kpd Tuhan supaya mudah tidur. Perlu diketahui sumber insomnia juga bisa karena gangguan makhluk halus / jin yang suka mengganggu kehidupan manusia supaya urusan tidak  lancar.
Khusus umat islam urutan ritual do'a sebelum tidur yaitu, istigfar, sholawat nabi, Al-fatihah, Ayat Kursi, Al-Ikhlas, Al-Alaq, Annas, kemudian do'a khusus tidur dan do'a penutup tidur.

Insomnia tidak dapat disembuhkan dengan cara apapun kecuali ada kemauan keras melakukan langkah - langkah alami yang sudah dijelaskan diatas.

Dilema insomnia selalu ada terutama di negara - negara maju. Semoga tips mengatasi insomnia yang sudah dijelaskan dapat bermanfaat. Salam sukses keluar dari insomnia!