Apa Penyebab Sering Radang Tenggorokan ? Dan Bagaimana Supaya Tidak Menjadi Flu Batuk Berat ?

Penyebab radang tenggorokan hampir sama seperti penyebab alergi. Baca juga, Penyebab Alergi : Debu, Cuaca Dingin, Makanan Dan Cara Mengatasinya.

Ada lima penyebab utama radang tenggorokan yaitu karena:
a). Panas dalam disebabkan karena kurangan vitamin C, kekurangan serat, kekurangan cairan tubuh (dehidrasi)

b). Memakan makanan yang berlemak

c). Faktor lingkungan biasanya karena cuaca panas atau karena perubahan cuaca ke panas atau sebaliknya ke musim hujan

d). Terhambatnya metabolisme tubuh menyebabkan kurangnya daya tahan tubuh sehingga pembentukan sel dalam tubuh terganggu. Metabolisme tubuh terhambat karena gaya hidup tidak sehat diantaranya sering begadang, sering stress, kurang bergerak, kurang minum

e). Karena virus yang akan menyebabkan radang tenggorokan berkembang kearah yang lebih parah menjadi flu dan batuk berat.



Upaya yang harus dilakukan supaya radang tenggorokan segera sembuh dan tidak berkembang menjadi flu dan batuk berat adalah sebagai berikut :

Pertama, makan garam 1/5 sendok teh air garam supaya perkembangan virus terhambat kerarah yang lebih parah menjadi flu dan batuk berat. Sebelum ditelan garam di dikulum dimulut dengan air liur supaya bercampur merata dengan enzim air liur supaya mengenai seluruh rongga mulut dan kerongkongan. Minum tablet zinc berfungsi menjaga kekebalan tubuh, mengatasi flu, penyembuhan luka dan mencegah penyakit kronis

Kedua, ketika radang tenggorokan maka terjadi luka pada tenggorokan / sariawan karena tenggorokan sedang meradang. Oleh karenanya yang perlu dilakukan adalah minum madu asli satu sendok teh. Sebelum ditelan madu di dikulum dimulut dengan air liur supaya khasiat madunya lebih bagus bercampur enzim air liur. Minum madu sebelum tidur dan bangun tidur baik diakukan.

Ketiga, mengkonsumsi  makanan dan minuman yang dapat menguatkan daya tahan  tubuh terutama yang mengandung vitamin C, zat antioksidan, protein tubuh yang cukup, susu, dll. Tanaman kumis kucing salah satu herbal bisa untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Baca juga, Tanaman Kumis Kucing Dapat Mencegah Dan Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Lebih baik lagi mengkonsumsi buah - buahan alami asli Indonesia yang hidupnya sesuai iklim Indonesia untuk menangkal berbagai penyakit di Indonesia. Contohnya, jeruk medan yang manis yang warnanya orange bagus untuk vitamin C, tomat asli Indonesia yang warnanya merah bagus untuk menambah antioksidan. Selain itu biasakan mengkonsumsi buah pada musimnya, jika musim sawo perbanyak mengkonsumsi sawo, jika musim rambutan perbanyak mengkonsumsi rambutan, dst. Namun ada juga buah - buahan yang selalu ada tidak tergantung musim misalnya jeruk, tomat, pepaya, dll.  Usahakan sebelum tidur 1 jam setelah makan malam minum susu murni bukan susu instan.

Keempat, Tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk penyembuhan cepat radang tengggorokan. Ketika tidur sel - sel darah putih bekerja melawan  penyakit. Semakin nyenyak tidur semakin lekas penyembuhan.

Kelima, jangan stress, jangan menelan lendir ketika flu akan menambah radang tenggorokan.

Keenam, sering berjemur matahari jam 9-11 bagus untuk mendapatkan vitamin D untuk menguatkan tulang dan meningkatkan daya tahan tubuh melawan virus dan bakteri.

Ketujuh, usahakan sering minum air hangat hingga berkeringat bisa memepercepat penyembuhan radang teggorokan karena memperlancar metabolisme tubuh . Usahakan tenggorokan jangan kering karena juga akan memicu radang tenggorokan. Minum jamu tolak angin juga bagus karena kadang radang tenggorokan bisa juga karena masuk angin

Kedelapan, segera mengkonsumsi Zinc 1x sehari agar radang cepat reda. Sebagaimana diketahui manfaat zich diantaranya adalah memperkuat imun, mempercepat proses penyembuhan penyakit, mempercepat penyembuhan luka, mencegah peradangan, dll

Seseorang akan sering radang tenggorokan jika tidak menjaga daya tahan tubuh, tidur sering tidak nyenyak, sering begadang, dan sering stress. Sering radang tenggorokan jika tidak ditanggulangi akan membahayakan kesehatan mengurangi imun tubuh sehingga rentan terkena serangan berbagai penyakit terutama serangan virus dan bakteri.