Cara Pengelolaan Otak Supaya Tidur Nyenyak


Ketika kita hendak tidur kadang mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak padahal keinginan istirahat dan tidur nyenyak besar sekali supaya keesokan harinya bisa bangun segar. Hal ini biasanya disebabkan karena kepala berat, kepala sakit atau pusing.

Jika tidak bisa mengelola otak supaya tidur nyenyak dengan luwes maka, keesokan harinya otak tidak fresh karena tidur tidak nyenyak/lelap.



Sesungguhnya kepala berat, kepala sakit atau pusing seringkali disebabkan karena kelelahan tubuh dan otak setelah beraktifitas. Selain itu juga bisa disebabkan karena insomnia yang butuh pertolongan khusus. Baca juga, Insomnia Berkepanjangan Dapat Melumpuhan Kinerja Otak

Maka cara penanggulangannya sesungguhnya hanya dengan berusaha tidur nyenyak secara alami bukan mengkonsumsi obat-obatan diantaranya obat pusing, obat hipertensi, obat tidur dll.

Sering mengkonsumsi obat – obatan dapat berdampak timbulnya berbagai penyakit lain. Karena walau bagaimanapun obat - obtan adalah bahan kimia  yang tidak baik selalu dikonsumsi misalnya berdampak penyakit ginjal, liver, dll. Selain itu ketergantungan obat tidur juga dapat menyebabkan seseorang tidak berusaha cara hidup sehat alami untuk bisa tidur nyenyak.

Hal - hal umum yang perlu dilakukan sebelum tidur supaya mudah tidur nyenyak sbb :
  1. Tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat mengganggu tidur nyenyak diantaranya yaitu kebanyakan minum kopi, merokok, makan coklat sebelum tidur, dll. Coklat meskipun makanan sehat mengembalikan bad mood menjadi mood namun makan coklat tidak baik jika ingin segera istirahat tidur. Baca juga, Coklat Dapat Memecah Pembentukan Sel Kanker Dan Baik Untuk Kecantikan
  2. Mengenakan pakaian longgar dan posisi tidur yang baik menurut tradisi dan norma - norma yang berlaku. Bersihkan tempat didur, bahkan orang tua kita dahulu menasehatkan tempat tidur dikeprak dengan sapu lidi khusus untuk tempat tidur untuk mengusir makhluk halus yang mungkin tidur ditepat tidur
  3. Berusaha tidur di jam yang sama supaya ritme tubuh tetap sama yang akan memudahkan tubuh untuk istirahat sehingga tubuh mudah rileks. Berusaha tidur tidak larut malam / tidak begadang karena malam adalah waktu paling baik bagi tubuh untuk rileks dan bernafas dimana hiruk pikuk kehidupan sudah mereda. Paling telat tidur jam 11 malam, lebih awal tidur lebih baik.
  4. Jangan menggunakan lampu terang ketika ingin tidur usahakan yg redup saja. Cahaya dapat menekan kadar melatonin yang diproduksi di otak dapat menyebabkan rasa kantuk berkurang sehingga sulit tidur memicu insomnia. Selain itu lampu terang juga memicu kanker terutama pada wanita.
  5. Berusaha buang air kecil sebelum tidur karena dapat mengganggu mata ketika mengantuk tiba - tiba ingin buang air kecil sehingga tidak bisa tidur nyenyak. Usahakan minum air paling dekat waktu tidur minimal 1,5 jam sebelum tidur
  6. Sebelum tidur usahakan makan makanan dan minuman pemicu tidur diantaranya pisang ambon lumut, buah pala, minum susu, dll. Menurut dr. Rini Sjoekri, minum susu sebaiknya sebelum tidur karena susu mengandung asam amino tryptophan, suatu prekursor yang berguna untuk neurotransmitter serotonin. Sifat dari neurotransmitter ini sendiri yaitu menenangkan sehingga membantu proses tidur lebih cepat.
  7. Jangan lupa berdo'a sebelum tidur dan berupaya memanajemen pikiran. 

Manajeman pikiran dilakukan dengan trik- trik  pengelolaan otak supaya tidur nyenyak adalah sebagai berikut :
  • Jika kepala terasa ingin rileks mata berat maka tidur lelap mudah sekali yaitu segera rebahkan diri dengan melemaskan tubuh kemudian gak sengaja tidur sudah nyenyak/lelap.
  • Jika kepala terasa berat, sakit atau pusing maka fokuskan untuk merilekskan kepala dan melemaskan badan kemudian gak terasa tidur sudah nyenyak/lelap.
  • Trik terakhir “ Tidur lah like babies” yaitu, tidak memikirkan apa - apa, hanya berserah diri kepada Tuhan sembari  merilekskan tubuh dan pikiran supaya cepat tidur nyenyak sehingga keesokan harinya segar.