Penyebab Utama Penyakit Maag Dan Cara Mengatasinya


Penyakit maag sering dianggap sepele karena kadang dianggap sebagai sakit perut biasa yang akan hilang dengan sendirinya. Padahal jika tidak ditanggulangi dari awal dapat berakibat parah yang biasa disebut maag kronis atau maag akut. Lebih parah lagi mengakibatkan kanker. Maag adalah salah satu organ tubuh yang langsung berhubungan dengan hati. Jika penyakit maag teratasi maka sudah menjaga dari kerusakan hati. Baca juga, Waspadai Penyebab Penyakit Hati (Liver) ! Dan Bagaimana Mengobatinya ?

Tidak banyak orang yang faham betul mengenai penyakit maag dan istilah - istilahnya. Agar mudah memahamimya saya akan coba jelaskan seringkas - ringkasnya.



Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas dan perih pada perut.

Penyakit maag dikenal dengan istilah gatritis yaitu peradangan, pembengkakan dan iritasi. Penyakit maag bisa datang mendadak berlangsung singkat (maag akut) atau datang secara bertahap berlangsung lama (maag kronis)
 
Penyakit maag terjadi sebagian besar di lambung dan juga sebagian kecil di usus 12 jari. Maag adalah dimana lapisan lambung dan usus dua belas jari (duodenum) rusak oleh asam berlebih yang dibuat di perut. Pola hidup tidak sehat, stress dan terinfeksi bakteri helicobacter pylori adalah pemicu berlebihnya asam lambung yang bisa menyebabkan lambung menjadi luka.

Pada dasarnya penyebab utama penyakit maag dikarenakan oleh tiga hal :

a) Maag yang karena tidak menerapkan pola hidup sehat dapat menambah asam lambung dan dapat menyebabkan luka lambung, diantarnya adalah sebagai berikut;
Waktu makan tidak teratur, sering terlambat makan karena kesibukan kerja sehingga perut terlalu lama kosong / terlambat makan kemudian tiba - tiba perut diisi penuh karena sangat lapar dan juga sering stress yang  dapat membuat asam lambung tinggi dan luka lambung. Jika asam lambung tinggi dapat menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Iritasi dapat menyebabkan tukak (luka) dilambung
 
b) Maag karena terinfeksi bakteri helicobacter pylori. 
Helicobacter pylori adalah sejenis bakteri yang hidup dilambung dalam jumlah kecil. Infeksi helicobacter pylori terjadi jika asam lambung yang dihasilkan lebih banyak / berlebih kemudian pertahanan dinding lambung menjadi lemah sehingga bakteri bertambah jumlahnya. Asam lambung berlebih disebabkan karena sering stress dan juga makan tidak teratur. Jika asam lambung berlebih / tinggi dapat menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Iritasi dapat menyebabkan tukak (luka) dilambung
 
c) Maag yang dipicu oleh jenis makanan dan minuman yang sering dikonsumsi dapat merusak lambung.
- Sering merokok, sering minum minuman keras, sering minum berkafein, dll yang menyebabkan naiknya asam lambung.
-Terlalu sering mengkonsumsi obat aspirin atau obat kimia lainnya, sering mengkonsumsi minuman dan makanan instan/berpengawet, banyak memakan makanan berlemak, dll yang menyebabkan rusaknya lambung.
- Sering mengkonsumsi makanan yang kecut dan asam, sering mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang panas, sering mengkonsumsi minuman bersoda, dll bisa menyebabkan luka lambung.
- Memakan makanan yang sulit dicerna atau malas mengunyah makanan dengan baik, dll bisa menyebabkan luka lambung.
 
Penyakit maag jika tidak ditanggulangi maka luka yang terjadi dapat mengakibatkan borok dan selanjutnya dapat mengakibatkan kanker. Jika sudah parah penderita penyakit maag perlu melakukan pemeriksaan endoskopy yaitu memasukkan alat dari mulut sehingga dapat memeriksa kerongkongan lambung sampai usus 12 jari. Paling gak enak khan endoskopy makanya mendingan menjaga dari pada mengobati.

Pada dasarnya penyakit maag adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar asam lambung. Lambung dilindungi oleh selaput lendir (mukosa) yang berfungsi melindungi lambung dari pengaruh asam dan enzim yang terdapat pada cairan lambung.

Asam yang berada dilambung diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengubah makanan yang kita makan. Jika asam lambung berlebih / tingginya kadar asam lambung dapat menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Iritasi dapat menyebabkan tukak (luka) dilambung yang dikenal dengan istilah penyakit maag.

Sebagai organ cerna, lambung berfungsi untuk menyimpan makanan, dan mencerna kembali makanan menjadi parikel lebih kecil untuk diteruskan ke usus duabelasjari (duodenum). Duodenum adalah bagian pertama usus kecil yan terletak persis di bawah lambung. Panjangnya sekitar 25 Cm, sedangkan usus kecil keseluruhan panjangnya 6,5 Meter. Oleh karenanya jika sakit maag kadang rasanya sampai ke usus.

Mengatasi penyakit maag dapat dilakuan dengan cara :
  1. Menerapkan pola hidup sehat dan menghindari stress
  2. Menghindari makanan dan minuman yang dapat menaikkan asam lambung, mnghindari makanan dan minuman yang dapat merusak lambung, mengindari makanan dan minuman yang dapat menyebabkan luka lambung 
  3. Melakukan pemeriksaan endoskopy
  4. Minum obat penetralisir asam lambung dari dokter yaitu menggunakan obat - obatan untuk menekan produksi asam lambung atau obat membunuh kuman yang menginfeksi pada selaput lendir lambung. Serta obat mengurangi rasa sakit akibat iritasi selaput lendir atau obat mengurangi kekejangan dinding lambung.
  5. Lebih efektif dan lebih aman tidak menimbulkan efek samping diatasi dengan cara alami diantaranya yaitu, (a) makan pisang kepok dicocol gula pada pagi hari sebelum sarapan dapat mengobati luka lambung, (b) minum air temulawak caranya, 1) Pilih umbi temulawak yg matang yg jika dikupas warna orange. 2) Kemudian, temulawak dikupas lalu dipotong - potong lalu dibender campur air. 3) Kemudian sebelum didihkan tambah airnya hingga sepanci kecil. 4) Setelah matang dan tdk panas/hangat lalu saring. 5) Lalu masukkan dalam botol kemudian simpan di kulkas supaya awet untuk beberapa kali minum. Takaran minuman temulawak yaitu, 1/3 cangkir kecil air temulawak ditambah 1/3 cangkir kecil air panas kemudian campur gula atau madu maka jadinya kra-kira 2/3 cangkir kecil air temulawak. 

Cobalah minum air temulawak pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur InsyaAllah mujarab. Jika sudah sembuh sesekali saja minum air temulawak jangan keseringan minumnya bisa membebani ginjal. Hal - hal yang berlebihan tidak baik. Keunggulan air temulawak lumayan tahan lama dikulkas jika cara membuatnya dan cara menyimpannya higienis kurang lebih 3 bulan. Saya sendiri mengalami penyakit maag hingga pingsan, setelah minum temulawak Alhamdulillah sembuh. Meski sudah sehat saya selalu menerapkan gaya hidup sehat supaya maag tidak datang lagi. Boleh juga 1 umbi temulawak ditambah 1 kunyit lbh baik khussusnya yang perutnya gampang kembung dan diare